Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Seminar Online – Regional Climate Model untuk Analisis Iklim Ekstrim di Indonesia


September 15th, 2021 | Posted by: admin


Informasi iklim secara lokal/regional di suatu wilayah menjadi sangat penting karena saat ini tidak semua wilayah di Indonesia memiliki stasiun pengamatan meteorologi yang memadai. Oleh karena itu, dikembangkan metode-metode pendugaan ataupun prediksi iklim secara lokal/regional berdasarkan informasi secara global seperti data luaran Global Climate Model (GCM). Downscaling merupakan salah satu teknik regionalisasi dari data global untuk mendapatkan hasil yang lebih baik secara lokal regional. Wilby dan Wigley (1997) menyatakan downscaling merupakan cara interpolasi peubah skala global dengan peubah skala lokal/ regional. Saat ini teknik downscaling banyak digunakan untuk memperoleh informasi iklim yang lebih detail secara lokal/regional dari informasi skala global. Salah satu teknik downscaling yang berkembang saat ini adalah dynamical downscaling dengan menggunakan model-model dinamik sebagai proses simulasinya. Teknik downscaling sudah banyak digunakan oleh peneliti.

Hasil dari analisis regional Regional Climate Model (RCM) juga dapat dijadikan input untuk berbagai model lainnya seperti hidrologi, gelombang, dan pertanian. Kini, penggunaan RCM juga banyak diarahkan untuk memperkirakan dampak lingkungan yang dapat terjadi akibat aktivitas manusia, misalnya iklim ekstrim di Indonesia. Apabila dimodelkan secara dinamis, hasil yang diperoleh dapat digunakan untuk memprediksi kemungkinan iklim ekstrim hingga digunakan untuk perencanaan adaptasi dan mitigasi iklim ekstrim di Indonesia.

Pada webinar kali ini dibahas mengenai Pemanfaatan dan akurasi data Regional Climate Model (RCM) untuk analisis Iklim Ekstrim di Indonesia oleh Dr. Arnida Lailatul Latifah, M.Sc. (Peneliti di Pusat Penelitian Informatika, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan Proyeksi curah hujan ekstrim dengan menggunakan multi-model projection oleh Supari, Ph.D (Koordinator Bidang Analisis Variabilitas Iklim, Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika)


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)